Koran Electronic

Posted: Minggu, 28 Maret 2010 by wanda_rahmania in
10




Membaca koran dipagi hari tentu merupakan rutinitas yang biasa dilakukan oleh sebagian besar penduduk di seluruh dunia. Seorang loper koran akan mengirim lembaran-lembaran kertas yang tiap-tiap halamannya berisi berita dan informasi baik fakta maupun opini.

Meskipun memberikan banyak manfaat, koran-koran yang kit abaca selama ini ternyata juga menimbulkan keresahan yang cukup pelik. Semakin banyak koran yang kita baca maka semakin berkuranglah jumlah pohon di dunia. Dari sisi pengguna pemakaian kertas ini juga akan menambah biaya yang harus dikeluarkan untuk membaca informasi pada koran. Tentunya pengguna koran (pembaca) akan direpotkan juga dengan limbah koran yang menggunung setiap bulannya.

Nah, dari beberapa kesulitan tadi, muncullah ide untuk membuat koran tanpa kertas. Paperless newspapers. Agak aneh tapi ini kenyataan, saat ini tengah dikembangkan oleh para ahli.

Konsep ini diintegrasikan dengan jam dinding digital. Update berita dilakukan melalui jaringan internet dengan perantara Wifi yang tertanam pada konsep ini. Pada malam hari, anda bisa meletakkan “koran” ini diatas receiver dan pada malam hari content yang telah terdownload akan “dicetak” ke bagian “koran”nya.

Keuntungan dari adanya koran tanpa kertas ini (karena berupa koran elektronik) adalah:

1. Eco friendly: IN requires no paper no ink

2. Cost saving effect : IN can save cost by sparing printing and distribution center

3. A diversity of contents : Readers can access the content of any newspaper they want by using IN

Konsep bentuk koran elektronik ini berukuran 352x305 mm, dan ada bagian berukuran 55x305 mm yang merupakan toolbar dari koran elektronik tersebut. Dalam toolbar itu sendiri terdapat wifi internet area dan Led. Dibagian bawahnya (297x305mm) berupa recycling plastic yang menampilkan koran.

Bisa kita bayangkan bagaimana kita bisa menekan penggunaan kertas dan mempermudah kita membaca koran dengan ukuran yang lebih kecil. Bahkan penggunaannya pun bisa dikatakan tidak sulit. Ukuran yang kecil juga membuat lebih efisien membawanya kemana-mana, tidak perlu ribet dengan sekumpulan kertas yang membuat isi tas menjadi berat dan penuh. Untuk lebih jelas penggunaannya anda semua bisa melihatnya di link yang tertera di bawah ini:

http://www.youtube.com/watch?v=LP4ZjeNnpq0&feature=player_embedded

Efisien dan merupakan inovasi yang menarik, tetapi dari inovasi tersebut akan ada efek sampingnya. Bagaimana denga perusahaan pembuat kertas apabila tidak ada koran yang menggunakan kertas? Bagaimana dengan para loper koran dan penjual koran apabila tidak ada lagi yang membeli karena mereka tinggal mendownload koran untuk esok hari? Akan timbul pengangguran besar-besaran di dunia apabila tidak mengambil tindakan antisipasi hal tersebut.

Penemuan memang bisa menguntungkan di satu sisi, tetapi bisa juga merugikan. Karena itu marilah kita semua berpikir apa dan bagaimana solusi dari efek-efek penemuan terbaru.


Analisis Berdasarkan 3 Perubahan Komunikasi

1. Interactivity
Interactivity is the capability of new communication system (usually containing a computer as one component) to "talk back" to the user, almost like an individual participating in a conversation.
dengan adanya koran elektronik ini semakin membuat orang-orang lebih mudah untuk berkomunikasi. tidak perlu menunggu waktu lama untuk menghubungi saudara yang jauh, dengan teknologi koran elektronik ini kita bisa menghemat penggunaan ponsel dan laptop karena sudah menjadi satu


2. Demassified

karena masih berupa konsep belum jelas berapa harga yang akan ditawarkan, hanya saja tentu harga awal sangatlah mahal sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya. Dan dari kebutuhan juga tidak semua orang beranggapan bahwa koran elektronik itu menguntungkan.


3. Asynchronous
Adanya ketidakserempakan karena masing-masing pengguna bebas menentukan pilihannya masing-masing

10 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Kalo udah ada tolong di pasang 1 dirumah saya.

  1. wanda rahmania says:

    hahahahaha, masih berupa konsep...
    tapi bila sudah keluar akan segera dihubungi lagi XD

  1. waaahh makin praktis aja yaa
    kayaknya bakalan lebih rajin baca kalo korannya kaya gini. coba ya cepet2 direalisasikan.hahahah

  1. wanda rahmania says:

    hahaha iya, moga2 orang-orang jadi bisa rajin baca karena sudah dipermudah....

  1. Anonim says:

    wah koran kayak gitu kira2 harganya brapa yaa ?? kayaknya asik tuh canggih bgt korannya...hehehehe

  1. deckyoi says:

    wah kalo udah ada pengen punya ni! haha. nice info!

  1. wanda rahmania says:

    kita semua berdoa aja semoga saat keluar di pasaran harga korannya ga parah2 amat.... jadi semua orang bisa menggunakannya

  1. happy says:

    asik yah, jadi lebih praktis.
    tapi kasian koran yg msh bentuknya konvensional kyk koran skrg ini..

  1. jasmine says:

    sekrang udah ada koran elektronik yang diproduksi dan di sebarluaskan oleh LG,mantap,salam kenal gan

Silahkan menuliskan komentar dan saran anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.